Skip to main content
CV ABDUL

follow us

Apa itu Infrastructure as a Service? (Penjelasan Lengkap IaaS)

Apa itu Infrastructure as a Service? (Penjelasan Lengkap IaaS) - Hai sahabat CVABDULCOM, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Apa itu Infrastructure as a Service? (Penjelasan Lengkap IaaS), saya juga pernah membahas artikel sejenis yang bisa kamu baca di Artikel tentang KOMPUTER, Jika kamu ingin membaca artikel yang lain bisa buka di Daftar isi. Ok, Selamat membaca artikel ini yah.

Judulnya : Apa itu Infrastructure as a Service? (Penjelasan Lengkap IaaS)
Alamatnya : Apa itu Infrastructure as a Service? (Penjelasan Lengkap IaaS)

Untuk memperkaya pengetahuan, baca juga :

Apa itu Infrastructure as a Service? (Penjelasan Lengkap IaaS)


Pernahkah anda mendengar tentang istilah cloud computing atau dalam bahasa Indonesia di sebut dengan komputasi awan. Teknologi ini sebenarnya sudah lama sekali di temukan, namun mulai populer di Indonesia baru beberapa tahun yang lalu. Jadi tidak salah dan masih tergolong wajar jika anda saat ini masih terlalu awam atau bahkan belum pernah mendengar sebelumnya. Pada kesempatan kali ini abdul akan berbagai pengetahuan tentang teknologi komputasi awan terkhusus pada Pengertian IaaS.

Pengertian IaaS


IaaS merupakan kependekan dari Infrastructure as a Service, sedangkan IaaS sendiri memiliki pengertian bahwa Infrastructure as a Service adalah sebuah layanan teknologi penyedia komputasi awan yang secara khusus menangani bidang insfrastruktur teknologi informasi yang secara umum masih sekitar perangkat komputer seperti RAM (Random Access Memory), Processor (Central Processing Unit), Disk (Storage Device) dan Bandwidth (Internet Volume). Beberapa perangkat yang di sebutkan tadi adalah komponen yang nantinya akan menyusun komputasi awan.

Infrastructure as a Service

Secara umum komponen perangkat penyusun komputasi awan atau Infrastructure as a Service sama dengan sistem komputasi pada umumnya, namun yang membedakan adalah komputasi awan tidak bisa di lihat secara fisik namun dapat kita rasakan dengan cara menggunakanya. Apakah anda paham dengan teori tersebut? bagi orang yang masih awam terhadap teknologi komputer pasti akan merasa bingung untuk memahami penjelasan tadi, tetapi bagi anda yang sudah lama berkecimpung di dunia komputer, pasti akan mudah untuk memahami penjelasan di atas.

Dengan menggunakan teknologi Infrastructure as a Service atau komputasi awan, anda akan mendapatkan keungtungan, salah satu keuntungan yang paling jelas adalah anda tidak perlu lagi membawa kesana kemari komputer anda. Karena Infrastructure as a Service atau komputasi awan berjalan secara virtual di awan (istilah teknologi yang di jalankan dengan koneksi internet). Dengan menggunakan komputasi awan anda juga tidak perlu menyiapkan ruangan khusus untuk menjalankan komputer server, karena komputasi awan berjalan tanpa membutuhkan ruangan dan alat pendingin khusus.

Jika pada penggunaan komputer server anda harus menyiapkan berbagai macam kebutuhan dan pemakaian listrik, pada komputasi awan anda harus melupakan berbagai kebutuhan itu, karena pada komputasi awan anda akan menjalankan berbagai macam operasi server secara virtual yang berjalan di awan. Jika anda ingin melakukan kontrol terhadap komputer server yang anda miliki, anda hanya perlu melakukan kendali dari akses yang di berikan oleh vendor penyedia layanan komputasi awan atau Infrastructure as a Service. Berbicara mengenai penyedia layanan Infrastructure as a Service, ada beberapa penyedia yang cukup terkenal, beberapa di antaranya yaitu:

Penyedia Infrastructure as a Service


Infrastructure as a Service

Saat ini sudah banyak sekali penyedia layanan komputasi awan atau Infrastructure as a Service, sebagian besar dari penyedia itu adalah perusahaan raksasa yang bergerak di bidang Teknologi Informasi sejak dahulu. Pengguna layanan seperti ini juga tidak tanggung-tanggung, sekelas perusahaan jual beli online dan per-bank-an adalah para pengguna layanan ini, namun bagi anda yang ingin mencoba teknologi ini juga bisa, karena banyak jenis dan versi yang di tawarkan berdasarkan harga. Berikut di bawah ini adalah perusahaan yang menyediakan layanan Infrastructure as a Service atau komputasi awan:

Amazon EC2 - Amazon

Siapa sih yang tidak kenal dengan perusahan raksasa dalam bidang teknologi informasi ini. Awalnya memang amazon hanya bergerak pada bidang jual beli online, namun amazon sekarang bukanlah seperti dulu lagi, kini bahkan amazon menyediakan berbagai macam layanan IT, dulu kita kenal dengan istilah produk amazon web service yang menyediakan layanan dalam bidang webserver, dan kini amazon juga menyediakan layanan komputasi awan seiring dengan kompetitornya microsoft yang juga mengeluarkan produk sejenis.

Telkom Cloud

Kita patut berbangga karena perusahaan teknologi informasi dalam negeri juga mampu untuk bersaing dengan produk-produk luar yang memiliki persaingan sangat ketat pada inovasi teknologinya. Layanan yang langsung di bawah perusahaan milik negara atau BUMN dengan brand Telkom ini sangat cocok sekali bagi anda yang cinta produk dalam negeri, karena performa yang di tawarkan tidak kalah dengan produk dari amazon maupun microsoft, bahkan sebagian besar instansi pemerintah dan perbankan nasional juga menggunakan layanan dari telkom.

Cara Kerja Infrastructure as a Service


Jika saat ini anda masih bingung menengenai Infrastructure as a Service, maka anda bisa mencermati cara kerja dari komputasi awan atau Infrastructure as a Service. Cara kerja dari Infrastructure as a Service adalah ketika misalnya anda ingin menggunakan layanan ini, maka hal pertama yang harus anda siapkan adalah dana untuk membeli atau menyewa perangkat Infrastructure as a Service, spesifikasi yang akan anda dapatkan tergantung pada budget atau dana yang anda miliki, semakin besar dana yang anda deposit, maka spesifikasi komponen penyusun Infrastructure as a Service akan semakin tinggi.

Infrastructure as a Service

Jika anda sudah melakukan pembayaran terhadap produk yang anda sewa, maka anda akan mendapatkan akses ke dalam komputer awan, namun anda hanya akan melihat komputer kosong dan belum ada sistem operasinya, jika anda ingin menginstall sistem operasi, anda tidak perlu khawatir, karena proses instalasi hanya di lakukan dengan beberapa klik saja, maka secara otomatis sistem operasi akan terinstall, baik sistem operasi windows, linux semuanya akan terpasang dengan sempurna, bahkan di lengkapi dengan lisensi yang resmi.

Selanjutnya jika sudah terinstall sistem operasi anda sudah bisa menggunakanya secara maksimal, dari sini anda sudah bisa menambahkan berbagai macam aplikasi, baik aplikasi server maupun aplikasi lainya. Dengan menggunakan Infrastructure as a Service anda akan menikmati layanan internet dengan kecepatan super tinggi, karena koneksi internet yang terpasang pada Infrastructure as a Service biasanya mencapai ratusan MB per second. Semoga dengan adanya penjelasan ini, anda bisa menjadi lebih memahami tentang Infrastructure as a Service dan bagaimana penerapanya.


Bagaimana? Sudah tahukan Apa itu Infrastructure as a Service? (Penjelasan Lengkap IaaS)

Nah itulah tulisan saya tentang Apa itu Infrastructure as a Service? (Penjelasan Lengkap IaaS) kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk kamu yah. oke kalo gitu, sampai jumpa di postingan artikel selanjutnya. terima kasih sudah berkunjung di artikel tentang Apa itu Infrastructure as a Service? (Penjelasan Lengkap IaaS), saya berharap kamu mendapatkan banyak manfaat dari tulisan tentang Apa itu Infrastructure as a Service? (Penjelasan Lengkap IaaS). Jangan lupa untuk berkunjung lagi ke CVABDULCOM.

Yang kamu baca sekarang adalah tentang Apa itu Infrastructure as a Service? (Penjelasan Lengkap IaaS) dengan alamat khusus, dan dapat kamu akses di https://www.cvabdul.com/2018/09/pengertian-iaas.html Jika kamu ingin membaca artikel yang lain bisa buka di Daftar isi

Jika anda ingin mencari sesuatu tentang big data silahkan gunakan kata kunci seperti : big data definition, big data pdf, big data indonesia, contoh big data, konsep big data, belajar big data, hadoop, big data hadoop, big data python, big data ppt, big data google, 4v in big data, konsep big data, karakteristik big data, pelatihan big data.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar