Skip to main content
CV ABDUL

follow us

BelajarBIGDATA#11 Pengenalan Graphical User Interface pada Python Dengan VSCode

BelajarBIGDATA#11 Pengenalan Graphical User Interface pada Python Dengan VSCode - Hai sahabat CVABDULCOM, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang BelajarBIGDATA#11 Pengenalan Graphical User Interface pada Python Dengan VSCode, saya juga pernah membahas artikel sejenis yang bisa kamu baca di Artikel tentang BIGDATA, Jika kamu ingin membaca artikel yang lain bisa buka di Daftar isi. Ok, Selamat membaca artikel ini yah.

Judulnya : BelajarBIGDATA#11 Pengenalan Graphical User Interface pada Python Dengan VSCode
Alamatnya : BelajarBIGDATA#11 Pengenalan Graphical User Interface pada Python Dengan VSCode

Untuk memperkaya pengetahuan, baca juga :

BelajarBIGDATA#11 Pengenalan Graphical User Interface pada Python Dengan VSCode


Graphical User Interface merupakan sebuah konsep inovasi dari bahasa pemrogramman masa kini yang banyak di gunakan oleh kalangan programmer untuk membangun sebuah sistem maupun aplikasi komputer, Graphical User Interface memiliki banyak keunggulan di bandingkan dengan aplikasi atau sistem yang menggunakan command line interface.

Belajar membuat program GUI dengan python
Lalu apa hubunganya dengan kita mempelajari bigdata? Sama seperti pada pembelajaran sebelumnya dimana kita selalu menganalisis data, nah pada kesempatan kali ini juga akan mempelajari masalah analisis bigdata, namun ini masih dalam dasar untuk menampilkan data dalam bentuk yang lebih mudah untuk di pahami, yaitu kita tidak perlu menyusun atau mengintpukan data lewat kode tapi langsung dalam tampilan grafis.

Keuntungan menggunakan tampilan grafis interface adalah mudah untuk di gunakan oleh para pemula, sehingga aplikasi yang akan anda buat menjadi lebih nyaman dan laris di pasaran karena mudah untuk digunakan.

Cara Membuat Aplikasi GUI dengan Python

Untuk menampilkan program python menjadi tampilan Graphical User Interface di perlukan sebuah library khusus yang terdapat pada python, untuk itu sebelum kita membuat baris kode program python, terlebih dahulu kita harus memanggil library tersebut, untuk lebih jelasnya bisa anda lihat baris program di bawah ini.
import tkinter as tk

utama = tk.Tk()



labelku = tk.Label(utama, text = "Halo!")



#pasang label

labelku.pack()



utama.mainloop()
Dapat anda lihat baris program di atas dengan kode "import tkinter as tk" merupakan sebuah kode yang berfungsi untuk memanggil library untuk menampilkan Graphical User Interface pada python. Jika baris program di atas di jalankan dengan menggunakan anaconda, maka akan menghasilkan tampilan program seperti di bawah ini.

Program GUI sederhana dengan python
Setelah anda mencoba menjalankan program di atas dan berhasil menampilkan seperti pada gambar, silahkan anda mencoba lagi program lain untuk mengasah kemampuan dalam membuat program GUI dengan python, silahkan anda menuliskan baris program di bawah ini ke dalam editor code pada anaconda promt.
import tkinter as tk

def konversi_inchi_ke_cm():
    global hasil
    hasil = "Panjang dalam cm :" + str(float(entry_panjang.get()) * 2.54)
    label_hasil.configure(text = hasil)
utama = tk.Tk()

label_keterangan = tk.Label(utama, text="Panjang (dalam inchi)")
label_keterangan.pack()

entry_panjang = tk.Entry(utama, bd=5)
entry_panjang.pack()

label_hasil = tk.Label(utama, text='Panjang dalam cm :')
label_hasil.pack()

tombolhitung = tk.Button(utama, text="Hitung!", command=konversi_inchi_ke_cm)
tombolhitung.pack()

tombolkeluar = tk.Button(utama, text="Keluar", fg="red", command=quit)
tombolkeluar.pack()

utama.mainloop()
Baris program di atas apabila disimpan ke dalam file python kemudian di jalankan dengan menggunakan anaconda promt akan menampilkan hasil program tampilan interface seperti gambar di bawah ini.

Gambar hasil program konversi suhu
Seperti yang anda lihat pada gambar di atas, di tampilan user interface itu terdapat 1 Entry atau textbox yang berfungsi untuk menginputkan nilai, juga terdapat 2 text yang menampilkan kalimat. Selain itu juga terdapat 2 tombol yang memiliki fungsi berbeda, di dalam tombol hitung terdapat fungsi yang menjalankan rumus perhitungan, juga terdapat tombol keluar yang menjalankan fungsi Quit.


Bagaimana? Sudah tahukan BelajarBIGDATA#11 Pengenalan Graphical User Interface pada Python Dengan VSCode

Nah itulah tulisan saya tentang BelajarBIGDATA#11 Pengenalan Graphical User Interface pada Python Dengan VSCode kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk kamu yah. oke kalo gitu, sampai jumpa di postingan artikel selanjutnya. terima kasih sudah berkunjung di artikel tentang BelajarBIGDATA#11 Pengenalan Graphical User Interface pada Python Dengan VSCode, saya berharap kamu mendapatkan banyak manfaat dari tulisan tentang BelajarBIGDATA#11 Pengenalan Graphical User Interface pada Python Dengan VSCode. Jangan lupa untuk berkunjung lagi ke CVABDULCOM.

Yang kamu baca sekarang adalah tentang BelajarBIGDATA#11 Pengenalan Graphical User Interface pada Python Dengan VSCode dengan alamat khusus, dan dapat kamu akses di https://www.cvabdul.com/2018/10/belajar-gui-python.html Jika kamu ingin membaca artikel yang lain bisa buka di Daftar isi

Jika anda ingin mencari sesuatu tentang big data silahkan gunakan kata kunci seperti : big data definition, big data pdf, big data indonesia, contoh big data, konsep big data, belajar big data, hadoop, big data hadoop, big data python, big data ppt, big data google, 4v in big data, konsep big data, karakteristik big data, pelatihan big data.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar