Skip to main content
CV ABDUL

follow us

BelajarBIGDATA#12 Membuat Program GUI berbasis Widget dengan Geometry Manager

BelajarBIGDATA#12 Membuat Program GUI berbasis Widget dengan Geometry Manager - Hai sahabat CVABDULCOM, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang BelajarBIGDATA#12 Membuat Program GUI berbasis Widget dengan Geometry Manager, saya juga pernah membahas artikel sejenis yang bisa kamu baca di Artikel tentang BIGDATA, Jika kamu ingin membaca artikel yang lain bisa buka di Daftar isi. Ok, Selamat membaca artikel ini yah.

Judulnya : BelajarBIGDATA#12 Membuat Program GUI berbasis Widget dengan Geometry Manager
Alamatnya : BelajarBIGDATA#12 Membuat Program GUI berbasis Widget dengan Geometry Manager

Untuk memperkaya pengetahuan, baca juga :

BelajarBIGDATA#12 Membuat Program GUI berbasis Widget dengan Geometry Manager


Program yang sudah menerapkan konsep Graphical User Interface termasuk dalam kategori aplikasi yang mudah untuk di gunakan, karena dengan mengangkat konsep Graphical User Interface artinya aplikasi tersebut tidak lagi membutuhkan kemampuan command line interface bagi para penggunanya. Pada pembahasan sebelumnya sudah membahas tentang Graphical User Interface secara fundamental yaitu Pengenalan Graphical User Interface pada Python Dengan VSCode.

Bigdata Visualization
Setelah anda memahami secara dasar tentang Graphical User Interface pada python, pada pembahasan kali ini akan meningkatkan materi namun masih tentang Graphical User Interface yaitu menambahkan tentang widget yang didukung dengan Geometry Manager sehingga peletakan widget menjadi lebih teratur.

Dalam pembahasan kali masih menggunakan library python yang seperti digunakan pada pembahasan sebelumnya, bedanya adalah kita menambahkan widget pada materi ini. Untuk lebih jelasnya anda bisa mencoba sebuah kode program di bawah ini untuk di jalankan pada python.
import tkinter as tk

import pandas as pd



data = pd.read_csv('https://raw.githubusercontent.com/plotly/datasets/master/2010_
alcohol_consumption_by_country.csv')

data = data.to_string()



utama = tk.Tk()



kotak_teks = tk.Text(utama)

kotak_teks.insert(tk.INSERT, data)

kotak_teks.pack()



utama.mainloop()
Dapat anda lihat pada baris program di atas di awali dengan menggunakan perintah import untuk library tkinter dan pandas, untuk library tkinter berfungsi untuk menjalankan berbagai macam pengaturan Graphical User Interface dimana sedang di bahas pada artikel ini. Baris program di atas berfungsi menjalankan perintah untuk mengambil data dari sebuah link, kemudian di tampilkan kembali ke dalam teks di sebuah window baru. lebih jelasnya lihat hasil tampilan di bawah ini.

Hasil tampilan untuk menampilkan data
Untuk selanjutnya mari kita coba untuk menjalankan sebuah baris program yang akan menjalankan aplikasi GUI yang lebih kompleks dari program di atas. Pertama silahkan anda menuliskan sebuah baris program baru seperti di bawah ini kemudian menyimpanya pada file python yang baru.
import matplotlib as mpl

import numpy as np

import tkinter as tk

from tkinter import filedialog

from matplotlib.backends.backend_tkagg import FigureCanvasTkAgg

import pandas as pd

from tkinter import *



#menjalakan tkinter

root = tk.Tk()



#memberikan atribut pada window

Title=root.title("Tool")

label=tk.Label(root, text="Welcome",foreground='purple',font=("Times 20 bold italic"))

label.pack()



#memberikan ukuran pada figur

fig = mpl.figure.Figure(figsize=(10, 5))

ax = fig.add_axes([0.1, 0.1, 0.85, 0.85])



#membuat fungsi untuk membaca file

def ambildata():

    namafile = filedialog.askopenfilename(initialdir="F:\DIGITALENT\Materi\3. Minggu 3\2. 
Selasa", title="Pilih file", filetypes=(("FIle CSV", ".csv"), ("Semua jenis file", ".*")))

    tampilplot(namafile)



#membuat fungsi untuk membuat diagram   

def tampilplot(namafile):

    ax.cla()

    data = pd.read_csv(namafile)

    colname = data.columns

    ax.bar(data[colname[int(xaxis.get())]], data[colname[int(yaxis.get())]], 0.25, color="red")

    ax.grid()

    canvas.draw()

    print('update')



#membuat menu pada window   

menu=Menu(root)

root.config(menu=menu)

menu=Menu(root)

root.config(menu=menu)

file=Menu(menu)

file.add_command(label='Open Data', command=ambildata)

file.add_command(label='Exit',command=root.destroy)

menu.add_cascade(label='FIle', menu=file)



#membuat fungsi untuk menentukan    

xaxis = tk.Entry(root)

xaxis.insert(0, '0')

xaxis.pack()



yaxis = tk.Entry(root)

yaxis.insert(0, '1')

yaxis.pack()



#mengatur ukuran canvas

w = tk.Canvas(root, width=400, height=300)

w.pack()



#menjaalankan fungsi canvas

canvas = FigureCanvasTkAgg(fig, master=w)

canvas.draw()

canvas.get_tk_widget().pack(side=tk.TOP, fill=tk.BOTH, expand=1)



root.mainloop()
Bari program di atas adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk menampilkan grafis diagram dimana angka penyusun yang menanggambarkan diagram diambil dari data yang tersimpan dalam sebuah file dengan ekstensi .csv, kemudian data tersebut di ambil dengan baris array sehingga mudah untuk dibaca oleh aplikasi, berikut di bawah ini adalah tampilan dari aplikasi ketika dijalankan.

Hasil running program penampil diagram dari file csv
Pada gambar di atas terdapat dua lingkaran, lingkaran pertama yang berukuran besar berfungsi untuk menentukan lokasi kolom dari data file csv yang akan di hitung kemudian di tampilkan menjadi grafis. Pada gambar itu tertulis 0 yang berarti nilai X di ambil dari kolom nomor satu atau indeks ke nol, sedangkan satu artinya adalah nilai Y di ambil dari kolom kedua atau indeks ke satu. Kemudian jika dijalankan dengan menggunakan data akan tampil seperti dibawah ini.

Hasil running dengan menggunakan data
Jika anda berhasil menampilkan grafis seperti gambar di atas artinya anda sudah berhasil membuat aplikasi penampil grafis dengan konsep GUI sehingga memudahkan para pengguna lain ketika ingin menjalankan aplikasi untuk menganalisis data.


Bagaimana? Sudah tahukan BelajarBIGDATA#12 Membuat Program GUI berbasis Widget dengan Geometry Manager

Nah itulah tulisan saya tentang BelajarBIGDATA#12 Membuat Program GUI berbasis Widget dengan Geometry Manager kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk kamu yah. oke kalo gitu, sampai jumpa di postingan artikel selanjutnya. terima kasih sudah berkunjung di artikel tentang BelajarBIGDATA#12 Membuat Program GUI berbasis Widget dengan Geometry Manager, saya berharap kamu mendapatkan banyak manfaat dari tulisan tentang BelajarBIGDATA#12 Membuat Program GUI berbasis Widget dengan Geometry Manager. Jangan lupa untuk berkunjung lagi ke CVABDULCOM.

Yang kamu baca sekarang adalah tentang BelajarBIGDATA#12 Membuat Program GUI berbasis Widget dengan Geometry Manager dengan alamat khusus, dan dapat kamu akses di https://www.cvabdul.com/2018/10/membuat-program-gui-pada-python.html Jika kamu ingin membaca artikel yang lain bisa buka di Daftar isi

Jika anda ingin mencari sesuatu tentang big data silahkan gunakan kata kunci seperti : big data definition, big data pdf, big data indonesia, contoh big data, konsep big data, belajar big data, hadoop, big data hadoop, big data python, big data ppt, big data google, 4v in big data, konsep big data, karakteristik big data, pelatihan big data.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar