CVABDUL - Membuat penomoran otomatis (autoincrement) dalam penulisan table database merupakan suatu hal yang mudah jika dilakukan pada Database Management System Mysql, namun kalimat mudah nampakanya tidak terlalu relevan jika anda ingin membuat autoincrement pada Database Management System Postgresql. Kenapa bisa menjadi lebih sulit membuat autoincrement di Postgresql?

Karena didalam Postgresql menyediakan fasilitas yang lebih lengkap dan kompleks, loh bukanya kalo lebih lengkap harusnya lebih mudah? nampaknya tidak, saking lengkapnya fitur yang ada di Postgresql membuat para penggunanya di suguhkan langkah yang cukup panjang untuk membuat sesuatu yang sederhana seperti autoincrement.

Nah, pada artikel ini saya akan mencohkan langkah bagaimana cara membuat autoincrement pada Database Management System Postgresql.  Untuk lebih lengkapnya anda bisa mengikuti tutorial dibawah ini, dan supaya lebih lancar mengikuti tutorial ini alangkah baiknya anda menginstall dahulu postgresql beserta Pgadmin supaya lebih mudah dalam pengoperasianya.

Hal yang harus dipersiapkan :

  1. Postgresql [ download ]
  2. Pgadmin [ download ]

#1. Buka Query Tool lalu ketika query pembuatan Sequence.
CREATE SEQUENCE tblusers_userid_seq;
#2. Ketika Alter table dan setvalue seperti dibawah.
ALTER TABLE tbl_users
ALTER COLUMN user_id
SET DEFAULT NEXTVAL('tblusers_userid_seq');
#3. Baris query untuk menghubungkan sequence dan kolom auto.
UPDATE tbl_users
SET user_id = NEXTVAL('tblusers_userid_seq');
#4. Mencoba autoincrement dengan insert data.
INSERT INTO tbl_users(user_id, nama, user_name, user_password, user_level)
VALUES(nextval('tblusers_userid_seq'), 'Albert Yuga', 'superuser', 'password', '1'),
(nextval('tblusers_userid_seq'), 'Wangi Dewi', 'admin', 'password', '2'),
(nextval('tblusers_userid_seq'), 'Hermawan', 'sales1', 'password', '3'),
(nextval('tblusers_userid_seq'), 'Iskandar', 'sales2', 'password', '3');

Itulah cara untuk membuat autoincrement pada Database Management System Postgresql, memang langkahnya lebih panjang daripada ketika menggunakan Mysql, tapi sebenarnya mudah kok, dan jangan berkecil hati untuk menggunakan Postgresql, karena dibalik susahnya menggunakan Postgresql ada performa yang luar biasa, dan kalo sudah biasa menggunakan postgresql, maka akan terasa mudah.