Cvabdul adalah sebuah engine web yang dibangun dengan bahasa pemrogramman php berlandaskan framework Codeigniter yang terkenal dengan MVC sehingga bisa memudahkan engineer web lain untuk mengembangkan berbagai macam sistem object oriented.

Selain itu Cvabdul menggunakan user interface bootstrap yang sudah sangat familiar di kalangan engineer web, sehingga lebih uptodate pada perkembangan. dengan adanya Engine Cvabdul ini diharapkan para web developer menjadi lebih dipermudah dalam pengembangan, dan lebih bisa fokus untuk kesempurnaan system.

Daftar Isi

  1. Cara Install
  2. Membuat Form Insert
  3. Menampilkan data table
  4. Mengubah data table
  5. Menghapus data

Pada praktikum kali ini kita akan membahas tentang cara melakukan instalasi program 'Crud Engine Management System' pada beberapa aplikasi webserver salah satunya adalah pada praktik kali ini akan menggunakan XAMPP, jika anda menggunakan server hosting atau yang lainya, kurang lebih caranya sama.

Beberapa program aplikasi yang di butuhkan adalah XAMPP, jika anda belum memiliki program aplikasi XAMPP, anda bisa mengunduhnya di Unduh Xampp.

Cara Install

Dari sini diasumsikan anda sudah melakukan instalasi program aplikasi XAMPP pada komputer anda, sehingga pada tutorial kali ini akan langsung pada proses instalasi CEMS 'Crud Engine Management System' CVABDUL.


1. Jalankan program aplikasi XAMPP, kemudian aktifkan program Apache dan Phpmyadmin.


2. Unduh file program CVABDUL di Unduh CVABDUL.

3. Extract file .zip yang telah anda unduh kedalam folder cvabdul yang berada di dalam htdocs.

Jika anda menggunakan sistem operasi windows maka folder htdocs berada di c:/Xampp/htdocs, namun jika anda menggunakan sistem operasi linux, maka file htdocs berada di folder /opt/lampp/htdocs.

4. Ubah pengaturan database pada file CVABDUL yang telah anda extract.

Posisi file database.php berada di /application/config/database.php kemudian sesuaikan dengan database yang anda buat, namun jika anda menggunakan database yang satu paket dengan file .zip, maka anda tidak perlu mengubah, atau mungkin hanya mengubah db_host, user, pass saja jika anda menggunakan hosting.

5. Import file database yang ada di folder database. 


Caranya anda harus membuat database terlebih dahulu dengan nama cvabdul pada phpmyadmin, kemudian lakukan import terhadap database yang anda buat dengan file database yang berada difolder database.

6. Konfigurasi .htaccess 

Sebenarnya file htaccess sudah termasuk dalam file program .zip yang telah anda download, namun ada kalanya file tersebut tidak ikut terunduh. jadi apabila ini terjadi anda harus menambahkanya sendiri dengan cara buat file baru di dalam folder root/utama dengan nama .htaccess (dengan titik), kemudian copy-paste code di bawah ini.

RewriteEngine on
RewriteCond $1 !^(index\.php|resources|robots\.txt)
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule ^(.*)$ index.php/$1 [L,QSA]

Sampai tahap ini seharusnya program aplikasi CEMS 'Crud Engine Management System' CVABDUL sudah bisa di gunakan dan siap untuk di jadikan program lain yang anda inginkan.

7. Selesai.

Membuat Form Insert

Form adalah sebuah object pada halaman website yang berfungsi untuk media input data baik teks maupun gambar, berikut di bawah ini adalah cara membuat form insert pada cvabdul dengan konsep object oriented programming.

1. Buat HTML halaman form insert.

Untuk membuat halaman form input anda harus menyusun tampilan form input pada folder application/views, berikut di bawah ini adalah contoh form input data.


Jika anda sudah menuliskan code seperti pada gambar di atas, maka yang perlu anda perhatikan adalah pada baris pertama di dalam tag <form>, disana tertulis action yang ditujukan ke controller tambahproduk.php yang berada di dalam folder form. 

Selain itu anda juga harus memperhatikan metode yang akan anda gunakan untuk mengirim data dari form ke pemrosesan database, dalam hal ini kita akan menggunakan method POST karena lebih aman dan cocok untuk proses ini.

2. Buat file Controller.

Untuk membuat file controller anda tidak perlu repot-repot membuat dari awal, karena di dalam cvabdul ini sudah terdapat konfigurasi paten dan anda tinggal copy paste yang sudah ada kemudian sesuaikan dengan yang anda inginkan.

Berikut dibawah ini adalah controller dari form input HTML di atas.


Perlu diketahui bahwa untuk menuliskan kode controller, anda harus membuat file di dalam folder controller yang letaknya berada di application/controller/namafile.php. untuk lebih lengkapnya anda bisa mengikuti contoh yang sudah ada.

3. Membuat models query.

Setelah sebelumnya anda sudah membuat form input dan controller untuk menampung data, selanjutnya adalah anda harus menuliskan baris kode untuk melakukan perintah simpan data. Dalam hal ini disebut dengan query di dalam folder models.

Berikut dibawah ini adalah contoh query dari langkah sebelumnya.


Penulisan query ini dilakukan di dalam file yang berada di dalam folder models yang letaknya di application/models. Baris lengkapnya anda bisa mengikuti contoh yang sudah ada, karena itu merupakan kode baku untuk perintah apapun.

Menampilkan Data Table



Mengubah Data Table

Menghapus Data